Senin, 12 Mei 2014

Desain dan Struktur Organisasi

  • Struktur Organisasi
Struktur  organisasi adalah sistem formal dari tugas-tugas dan hubungan pelaporan pertanggungjawabannya, dimana sistem tersebut menentukan bagaimana para anggota berorganisasi menggunakan sumber-sumber untuk mencapai tujuan organisasi.
Menjelaskan bagaimana tugas kerja akan dibagi, dikelommpokan, dan dikoordinasikan secara formal. Ada elemen penting yang perlu diperhatikan oleh para manajer ketika mereka mendesain struktur organisasi. Unsur-unsur tersebut meliputi:
1.)    Spesialisasi pekerjaan
2.)    Departementalisisai
3.)    Rantai perintah
4.)    Rentang kendali
5.)    Sentralisasi dan desentralisasi
6.)    Formalisasi
  • Departementalisisai
Departementalisasi adalah usaha mengelompokkan aktivitas-aktivitas orang-orang ke dalam departemen-departemen. Salah satu cara yang paling popular untuk mengelompokkan kegiatan adalah berdasarkan fungsi yang dilaksanakan. Keuntungan utama dari pengelompokan ini adalah meningkatkan efisiensi dengan menempatkan spesialis secara bersama-sama. Tugas-tugas juga dapat didepartementalisasikan berdasarkan jenis produk, atas dasar geografi atau wilayah, dan yang terakhir adalah menggunakan jenis pelanggan yang dicari organisasi.
  • Model-Model Desain Organisasi
1.)    Organisasi lini atau garis, di mana ootoritas mengalir dari puncak organisasi dilimpahkan kepada unit-unit organisasi di bawahnya dalam semua sector pekerjaan. Dan pertanggung jawaban juga mengalir dari bawah hingga ke tingkat yang paling atas secara bertahap bberdasarkan hierarkhis.
2.)    Organisasi lini dan staf, di samping otoritas berasal dari pimpinan puncak dan dilimpahkan kepada unit di bawah secara hirarkhis dalam semua unit kerja, juga ada satuan unit organisasi yang membantu pimpinan dalam bidang tertentu tanpa ia ikut serta dalam otoritas lini.
3.)    Organisasi fungsional, adalah organisai di mana otoritas pimpinan puncak didelegasikan kepada unit-unit organisasi hingga ke paling bawah dalam bidang pekerjaan tertentu dan masing-masing pimpinan unit mempunyai otoritas secara fungsional untuk memerintah semua pelaksana dari semua unit sepanjang berhubungan dengan pekerjaannya
4.)   Organisasi lini-fungsional, memperlihatkan ciri organisasi lini dan organisasi fungsional.
5.)   Organisasi lini-staf-fungsional, memperlihatkan ciri-ciri organisasi lini dan sifat serta organisasi fungsional.
  • Implikasi Manajerial Desain dan Struktur Organisasi
Struktur organisasi harus dirancang untuk memperjelas lingkungan, sehingga semua orang tahu, siapa yang harus melakukan, dan siapa yang harus bertanggung jawab atas hasil. Untuk menghilangkan atas kebingungan dan ketidaktentuan tugas, serta untuk melakukan komunikasi dalam pengambilan keputusan agar tujuan organisasi tercapai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar